Cara tips membuat yoghurt spesial

Cara Membuat Yoghurt


Hai sista semuanya, ketemu lagi nih. Kali ini saya Admin Artikelcaratips.blogspot.com akan menyajikan artikel mengenai cara membuat yoghurt. Memang banyak sekali yang suka dengan makanan yang satu ini. Namun tahukah sista bagaiman cara membuatnya. Tapi, sebelum kita bahas tentang bagaimana cara membuatnya, sebaiknya sobat semuanya mengetahui dulu yoghurt itu makanan atau minuman jenis apa. Yoghurt adalah termasuk minuman hasil fermentasi susu sapi dengan kandungan gizi yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Fungsi yoghurt antara lain adalah untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol pada darah jika dikonsumsi setiap hari secara rutin. Disamping itu yoghurt juga bisa berfungsi sebagai pengganti susu bagi sobat yang alergi terhadap susu. Pada umumnya di pasaran yoghurt dijual dalam 2 macam, yaitu yoghurt plain (yoghurt tanpa rasa tambahan) dan drink yoghurt (yoghurt yang ditambahkan perasa).

Nah sobat, dalam membuat yoghurt sebenarnya tidaklah sulit. Karena memang yoghurt aadalah termasuk minuman yang sederhan yang mudah dibuat. Sista-sista sendiri bisa membuatnya di rumah sendiri untuk mengisi waktu luang sobat. Nah, sobat berikut ini beberapa tips dan cara membuat yoghurt, silahkan disimak :

Cara Membuat Yoghurt
Cara tips membuat yoghurt spesial

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 liter susu murni
  • Bibit yoghurt 5% dari banyaknya susu murni atau yoghurt biasa tanpa rasa

Cara Membuat :

  1. Panaskan susu sapi murni dengan api yang tidak terlalu besar sambil terus diaduk-aduk selama kurang lebih 30 menit, namun jangan dibiarkan sampai mendidih. Cara ini dilakukan untuk menguapkan air supaya tidak terbentuk gumpalan atau solid yoghurt.
  2. Lalu setelah itu angkat solid yoghurt dan dinginkan sampai hangat kuku, sesudahnya tambahkan bibit yoghurt sebanyak 2-5% dari jumlah yoghurt yang telah mengental tadi.
  3. Biarkan selama kurang lebih 24 jam dalam wadah yang ditutup dengan rapat, supaya bisa menghasilkan rasa asam dan yoghurt yang kental. Semakin tinggi total solid yang terbentuk akan mendapatkan yoghurt dengan hasil yang semakin baik.
  4. Setelah berbentuk yoghurt dapat ditambahkan dengan sirup atau gula, bagi sahabat yang tidak suka dengan rasa yoghurt yang terlalu asam, atau bisa juga ditambahkan dengan rasa jeruk, stawberry atau dengan berbagai rasa lainya.
  5. Jika ingin menyimpan yoghurt dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya simpanlah yoghurt kedalam wadah kaca agar yoghurt dapat bertahan lama.
  6. Begitulah sobat beberapa tips dan cara membuat yoghurt yang bisa kami sampaikan. Semoga ada guna dan manfaatnya bagi sobat semuanya.
Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat bagi Anda dan teman teman Anda boleh Anda share di Facebook Atau Twitter Anda Melalui share dibawah ini satu share artikel ini ke Facebook atau Twitter kawan akan sangat membantu kemajuan blog ini. Saya sangat berterima Kasih sudah mau membantu untuk kemajuan blog ini ,, Jangan lupa baca artikel lainya ya kawan ,,, Jika ada yang ingin bertanya boleh untuk berkomentar dibawah ini saya akan secepat membalasnya ,, jika ingin langsung ke email admin boleh langung ke Contact Us yang diatas saya akan membalas melalui gmail ,, Terima Kasih sudah berkunjung ..

Bagikan ke

Artikel Menarik Lainya