cara membuat bakso spesial

Siang-Siang panas banget rasanya di kota ku tercinta ini, Tapi belom tenang rasanya kalau hari ini share sedikit tentang artikel ku yang satu ini ,, hehehe ,,,
kali ini admin saya sendiri Artikelcaratips.blogspot.com akan share artikel yang menurut admin menarik sih ,,, semoga kalian kawan kawan ku terbantu dengan artikel ku yang satu ini yaa ,,, hehehe
langsung saja deh gak usah basa basi lagi cara membuat bakso spesial

Postingan yang satu ini saya akan memberikan tutorial cara membuat bakso yang sangat di idam idamkan banyak orang karena rasanya yang begitu enak dan cara pembuatanya juga cukup mudah ,,,

mungkin nih sebagian kecil cara pembuatan dari saya ,, semoga bermanfaat bagi para pembaca .. tanpa basa basi lagi deh ,,,, hehehehe ...
silahkan di catat dan di simak dengan baik baik ,,,

Artikel kami yang sebelumnya :

cara membuat bakso


Sebenarnya saat membuat bakso daging ayam ini saya juga sekaligus membuat bakso dari daging sapi. Again? Yep, rasa penasaran saya masih tinggi untuk mencoba menaklukkan bakso yang satu ini. Beberapa kali mencoba membuatnya hasilnya masih mengecewakan, entah bakso berakhir bantat atau bakso dengan permukaan berbintil hingga bakso terasa alot seperti karet ketika di kunyah. Dan eksperimen bakso daging sapi kali ini pun tidak terlalu memuaskan, walau cukup elastis dan lezat, namun tampilannya alamak, sama sekali tidak layak untuk tampil di blog. Karena itu saya tunda untuk mempostingnya..


cara membuat bakso spesial






Anyway busway, saya kali ini tidak akan membahas mengenai bakso daging sapi yang semi gagal, melainkan bakso daging ayam yang sukses. Bakso dari daging ayam ini benar-benar sedap bahkan tidak terasa ayamnya sama sekali, kenyal, mulus dan elastis, sebagaimana harapan saya. Tipsnya ternyata pada proses pembuatannya, seperti saat membuat bakso ikan, adonan saya banting hingga kalis dan mulus, baru kemudian direbus dengan teknik yang berbeda dengan biasanya saya merebus bakso. Ternyata cara ini membuat bakso menjadi elastis tanpa memerlukan tambahan obat bakso sama sekali.


Nah, karena saya telah cukup berpengalaman dengan adegan banting-membanting di pembuatan bakso ikan sebelumnya maka kali ini proses ini menjadi terbilang mudah. Tidak perlu membantingnya di meja, kawan. Anda cukup melakukannya di mangkuk yang memiliki lebar cukup besar, cara ini tentu saja membuat meja anda tetap bersih dan air bantingan daging ayam terhambat untuk berloncatan kemana-mana.Seperti biasa celupkan tangan anda di air es agar adonan tidak lengket di tangan. Banting adonan kira-kira 10 hingga 12 kali bantingan, hingga adonan terlihat halus dan elastis ketika di sentuh dengan ujung jari.


Walau saya memprosesnya menggunakan food processor, namun bagi anda yang tidak memilikinya maka anda bisa menggunakan daging ayam cincang biasa. Aduk rata daging dengan larutan bumbu dan aduk rata, kemudian banting adonan hingga smooth dan elastis. Kemudian rebus bakso menggunakan teknik yang saya jelaskan di bawah. Panaskan air hingga mendidih kemudian angkat panci dan masukkan bulatan adonan ke dalam air panas, tidak memerlukan waktu lama bakso akan mengapung. Jika telah terkumpul banyak baru rebus semua bakso menggunakan api yang kecil hingga hanya muncul letupan-letupan imut saja. Jangan merebusnya dengan api besar hingga air bergolak mendidih. Cara ini terbukti ampuh membuat bakso kenyal seperti yang diidamkan. 


Selain daging ayam, anda tentu juga bisa menggunakan daging sapi dengan proses dan takaran yang sama dengan daging ayam. Saran saya jika anda menggunakan daging sapi maka gunakan daging yang bebas urat dan lemak, daging yang seperti ini akan menghasilkan adonan yang halus sehingga bakso anda mampu berbentuk bola yang mulus. 

Tertarik untuk membuatnya? Yuk langsung saja kita serbu baksonya ^_^ 


Bakso Daging Ayam

Resep diadaptasikan dari blog Lily's Wai Sek Hong - Meatballs Ala Don

Untuk + 40 buah bakso

Bahan bakso:
- 500 gram daging ayam, saya menggunakan bagian dada
- 125 ml air es
- 1 sendok makan kecap ikan
- 1 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin
- 1/2 sendok makan gula pasir 
- 1/2 sendok makan minyak goreng
- 2 sendok makan tepung maizena
- 1 1/4 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh baking soda
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Lainnya:
- Air es untuk merendam bakso 

Bahan kuah:
- 2 liter air kaldu dari air rebusan bakso plus tulang-tulang ayam
- 2 sendok teh kaldu bubuk 
- 5 siung bawang putih, haluskan
- 2 sendok makan kecap ikan
- 1 sendok teh merica bubuk
- 2 sendok teh garam
- 2 batang daun bawang
- bawang merah goreng sebagai taburan
- minyak untuk menumis

Cara membuat:


Siapkan daging ayam, anda bisa menggunakan bagian daging ayam di dada atau paha, saya memilih untuk menggunakan bagian dada karena mudah memisahkan tulang dan dagingnya. Potong-potong kubus dan masukkan ke food processor. Proses hingga halus. 

Jika daging telah halus, tambahkan 5 sendok air es ke dalam gilingan daging. Tambahkan air es sesendok demi sesendok. Terus proses hingga cincangan daging membentuk gumpalan. Matikan food processor. Tuangkan daging ke dalam mangkuk besar. 

Jika anda melakukan cara manual, maka gunakan daging ayam cincang. Tambahkan air es sesendok demi sesendok sambil daging diaduk dengan spatula hingga serat-serat daging terlepas dan terpisah. 

Siapkan mangkuk kecil, masukkan sisa air es, kecap ikan, garam, gula, kaldu bubuk, baking powder, baking soda, merica, minyak goreng dan tepung maizena ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata. 

Tuangkan larutan tepung ke permukaan adonan daging, aduk perlahan dan biarkan cairan terserap. Kemudian aduk hingga benar-benar merata. 


Siapkan mangkuk berisi air es. Basahi tangan anda, ambil adonan kemudian bantingkan ke mangkuk, lakukan hal ini sekitar 10 kali atau hingga gumpalan adonan terlihat smooth, shiny dan elastis. Ketika disentuh terasa kenyal. Jika tangan anda lengket saat membanting adonan maka segera celupkan ke dalam air es. Fungsi banting-membanting ini adalah untuk memastikan serat daging terlepas dan tidak saling menggumpal serta untuk membuat adonan menjadi kompak.


Tutup permukaan mangkuk dengan plastik, masukkan adonan ke dalam freezer selama 30 menit. Freezer ya bukan chiller (rak bawah). 

Jika telah 30 menit, maka siapkan panci, isi air dan rebus hingga mendidih. Matikan kompor. 


Keluarkan adonan dari freezer, ambil 1 sendok makan adonan dan dengan bantuan sendok lainnya bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan diameter 1 1/2 cm. Masukkan adonan yang telah berbentuk bulat ke air panas. Lakukan hingga semua adonan habis.

Adonan yang masuk ke air panas akan mengapung sendiri. Ketika panci telah terlihat penuh oleh adonan, hidupkan kembali kompor dan rebus menggunakan api kecil. Jaga jangan sampai air mendidih hingga bergolak, air hanya dididihkan hingga mengeluarkan letupan-letupan kecil saja bukan  benar-benar mendidih. Masak hingga semua bakso mengapung, aduk bakso dengan sendok pengaduk dan masak hingga matang.


Test kematangan dengan mengambil sebutir bakso dan belah, jika bagian tengahnya masih berwarna pink rebus kembali hingga matang. 

Siapkan mangkuk berisi air dan es batu, tiriskan bakso dengan saringan kawat, sisihkan airnya untuk kuah. Masukkan bakso ke dalam air berisi es dan rendam hingga dingin. Bakso siap untuk diolah sesuai keperluan atau masukkan ke dalam wadah rapat dan bekukan di freezer.  

Membuat kuah:
Siapkan wajan, beri 1 sendok makan minyak. Masukkan bawang putih dan tumis hingga harum dan matang. Angkat. 

Siapkan panci berisi air rebusan bakso, tambahkan tulang belulang ayam (jika ada). Tambahkan tumisan bawang putih, kecap ikan, merica bubuk dan kaldu bubuk. Rebus hingga mendidih, masukkan bakso dan daun bawang. Masak hingga matang. Cicipi rasanya. Angkat. 


Siapkan mangkuk, tuangkan bakso dan taburi dengan bawang goreng jika suka.

cara membuat bakso

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat bagi Anda dan teman teman Anda boleh Anda share di Facebook Atau Twitter Anda Melalui share dibawah ini satu share artikel ini ke Facebook atau Twitter kawan akan sangat membantu kemajuan blog ini. Saya sangat berterima Kasih sudah mau membantu untuk kemajuan blog ini ,, Jangan lupa baca artikel lainya ya kawan ,,, Jika ada yang ingin bertanya boleh untuk berkomentar dibawah ini saya akan secepat membalasnya ,, jika ingin langsung ke email admin boleh langung ke Contact Us yang diatas saya akan membalas melalui gmail ,, Terima Kasih sudah berkunjung ..

Bagikan ke

Artikel Menarik Lainya